ALASAN KENAPA AYAM FILIPINA IMPORT LEBIH MAHAL

Posted by Unknown on Monday, March 6, 2017





Mungkin dari benak anda sekalian pernah sependapat dengan judul diatas, sering pembudidaya ayam filipina lokal sering iri dengan harga-harga ayam yang didatangkan dari luar negeri. Jadi pertanyaannya adalah apa sebegitu unggulkah ayam filipina import itu jika dibanding ayam filipina lokal???. Kalau menurut saya nggak semua juga kok ayam filipina import bagus, ada juga yang tidak terlalu bagus , tapi kita memang harus mengakui sebagian besar keunggulannya.
Kira-kira apa penyebab kenapa banyak ayam import lebih mahal maka kita simak beberapa alasan berikut.

Bloodline
Bloodline atau garis keturunan, kebanyakakan peternak ayam petarung di Filipina dan di USA sana menguasai ilmu breeding atau cara memuliakan jenis makhluk melalui perkawinan alami atau inseminasi buatan (IB), dengan cara cross breed maupun inbreed. Mereka selalu ingin mencapai Final stock sesuai dengan keinginan.  Selektif dalam menentukan indukan pejantan dan betina. Beberapa ayam jantan import yang kita datangkan tidak jarang adalah product Final Stock. Maka mustahil jika kita menginginkan kualitas product yang sama dengan indukan jantan tersebut, belum lagi indukan betinanya yang kita pakai sembarangan.


Manajemen Perawatan
Perlu diketahui bahwa ayam adalah kategori hewan unggas yang sangat rentan sekali stres dan terjangkit penyakit. Dalam hal kecil saja seperti sering ganti-ganti jenis pakan akan menyebabkan stres, dan dampaknya akan mempengaruhi pertumbuhan. Begitu pula penyakit ayam, kalau kita mau telusuri banyak sekali faktor yang menjadi penyebab ayam sakit contohnya penyebaran penyakit bisa lewat burung pipit atau burung sawah, bahkan dalam hal yang tak terdugapun bisa menimbulkan penyakit. Maka dari itu diperlukan manajemen perawatan yang begitu ketat sehingga kita bisa memperoleh ayam-ayam yang berkualitas.

Training
Training atau latihan sangat menunjang dari kemampuan ayam dalam mengembangkan teknik-teknik dalam bertarung. Dimana kebanyakan ayam Import rata-rata sudah melakukan fase ini, karena para peternak diluar negeri mempunyai standar masing-masing dalam mengeluarkan atau menjual produknya. Itu yang menjadi dasar kenapa diawal tadi saya mengatakan bahwa tidak semua ayam import bagus. Ada beberapa teman saya yang kecewa ketika membeli ayam filipina import dengan beberapa keluhan, ada yang mengeluh ayamnya mempunyai teknik jelek, gampang sakit dan masih banyak lagi. Kesalahan itu mungkin terletak pada buruknya standar yang diterapkan oleh peternak disana, atau bisa juga bisa merupakan parent stock?? wah kalau dikarenakan jeleknya karena product parent stock saya juga mau itu hehe.



Itulah beberapa alasan mengapa ayam filipina Import  lebih mahal daripada ayam filipina hasil budidaya lokal. Sebenarnya kalau kita benar-benar serius dalam beternak ayam jenis filipina dan mempunyai standar-standar pada product ayam filipina yang kita budidayakan, maka untuk kedepannya kita tidak usah jauh-jauh Import ayam dari Filipina atau USA karena sudah ada peternak handal dari dalam negeri yang kualitas productnya lebih bagus dari pada import, dan bisa-bisa gantian Filipina atau USA yang import ayam ke Peternak Indonesia. Semua itu bisa terjadi jika kita tekun dan kerja cerdas. Salam Kukuruyuk.....................

{ 1 comments... read them below or add one }

pemainayam.net said...

Artikel agan berkaitan dengan https://pemainayam.net/apk-s128/

Post a Comment